Pariwisata Banyuwangi Siap New Normal

                Saat ini, Banyuwangi telah melakukan simulasi penerapan New Normal lewat uji coba beberapa destinasi wisata. Abdullah Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi sendiri mengatakan bahwa simulasi tersebut dilakukan untuk memeriksa bagaimana kesiapan tempat wisata apakah siap menyambut era New Normal. Dengan begitu saat pariwisata Banyuwangi dikunjungi dapat dipastikan kesehatannya, keamanannya, kebersihannya, dan berbagai kriteria lain yang menjadi standardnya.

Untuk itu, saat Anda ingin mengunjungi pariwisata Banyuwangi pastikan dalam kondisi tubuh yang sehat dan patuhi semua protokol kesehatan yang berlaku sehingga tidak terpapar pandemi virus Corona. Lantas, mana sajakah tempat pariwisata Banyuwangi  yang patut dikunjungi saat era New Norlal tersebut? Di bawah ini diantaranya!

Daftar Pariwisata Banyuwangi

                Jika Anda memiliki keinginan untuk mengunjungi pariwisata Banyuwangi, maka beberapa destinasi di era New Normal berikut mungkin bisa jadi rekomendasinya:

  1. Taman Gandrung Terakota
Taman Gandrung Tera Kota Banyuwangi

Siapa yang belum mengenal Tari Gandrung? Tari yang satu ini merupakan identitas budaya yang berasal dari Kota Banyuwangi. Namun, sejak adanya pandemi tarian ini sendiri kerap tidak dilaksanakan. Akan tetapi, Anda bisa melihat tarian tersebut lewat seribu patung yang berada di Taman Gandrung Terakota.

Patung tersebut dibuat memakai tembikar yang berasal dari tanah. Oleh karena itu, saat Anda mengunjunginya dan ingin mengabadikannya melalui foto, maka wajib berhati-hati karena patung akan mudah pecah. Patung ini sendiri berada di banyak tempat termasuk di bibir aliran kolam dekat persawahan.

Jika ingin menikmati wisata ini, Anda bisa mengunjunginya di kaki Gunung Ijen. Yakni di daerah Jiwa Jawa Ijen Resort, Kecamatan Licin. Lokasi pariwisata Banyuwangi ini sendiri berada di lahan persawahan sehingga Anda juga akan dimanjakan oleh sejuknya udara dan hijaunya alam sekitar.

  • Pantai Cacalan
Pantai Cacalan Banyuwangi

Selain budaya tariannya yang terkenal, Kota Banyuwangi juga memiliki keindahan pantai yang sangat menawan. Salah satunya adalah Pantai Cacalan. Anda bisa mengunjunginya di
Banyuwangi memiliki banyak pantai indah, salah satunya adalah Pantai Cacalan di Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Lebih tepatnya pantai ini berada di dekat Pelabuhan Ketapang.

Lantas, apa saja yang bisa Kita nikmati di area pantai tersebut? Anda bisa menikmati dan melihat Pulau Santen. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyewa perahu untuk mengarungi laut sehingga tiba di pulau tersebut. Terlebih ombaknya sendiri terbilang cukup kecil. Anda bahkan dapat berenang di dalam airnya yang cukup hangat saat sore hari sambil melihat indahnya matahari terbenam.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa sekedar bersantai menikmati bibir pantai dengan menyantap hidangan lezat dari warung yang menjajakan seafood di sekitar. Bahkan, jika Anda beruntung bisa melihat bebatuan yang ditumbuhi rumput laut yang indah.

  • Pantai Pulau Merah
Pulau Merah Banyuwangi

Apabila Anda ingin menikmati sensasi berselancar di era New Normal, maka bisa mengunjungi pantai yang bernama Pulau Merah. Anda disana akan disambut dengan batu karang yang tidak terlalu banyak dengan begitu akan aman untuk berselancar bagi pemula. Disana juga sangat cocok bagi Anda yang tergolong sebagai peselancar baru.

Kawasan ini sendiri berada Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Lantas mengapa sangat cocok bagi peselancar baru? Pasalnya, di pantai tersebut gulungan ombaknya terbilang cukup rendah. Yakni hanya memiliki tinggi sekitar dua meter saja. Tentu saja Anda akan lebih mudah dalam mengontrol papan selancar.

Jika tidak ingin berselancar, maka Anda bisa menikmati keindahan bukit dengan tinggi 200 meter di pinggir pantai. Bagaimana, tertarik untuk menikmatinya?

  • Agrowisata Tamansuruh (AWT)

Dari namanya saja terdengar sangat menarik untuk dikunjungi. Pariwisata Banyuwangi yang satu ini sendiri terdiri dari hamparan kebun bunga Celosia Plumosa. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah tersebut, maka bisa mengenalnya dengan sebutan jengger ayam lilin. Lokasi ini sendiri bisa Anda kunjungi di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, tepatnya di lereng Gunung Ijen.

Di wisata yang memiliki luas sekitar 8 hektar tersebut, Anda bisa menikmati sebuah hamparan tempat wisata yang cukup menarik. Taman tersebut dihiasi dengan bunga berwarna merah dan kuning. Untuk itu, agar tidak menyerupai tanaman yang ada, maka Anda bisa menggunakan warna pakaian yang berbeda. Selain tanaman bunga, Anda juga bisa menikmati beragam buah dan sayuran organic.

  • Kawah Ijen
wisata kawah ijen Banyuwangi
Kawah Ijen

Satu lagi pariwisata Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi di era New Normal adalah Kawah Ijen. Lokasi ini sendiri berada di sekitar ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Di sana, Anda bisa melihat berbagai pesona alam yang indah dan unik. Salah satunya seperti Api Biru atau Blue Fire.

Apa itu Blue Fire? Blue Fire atau Api Biru merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi apabila gas bumi bertemu dengan oksigen dalam suhu tertentu. Lantas mengapa bisa berwarna? Warna biru api sendiri berasal dari suhu tinggi di kawah yang ada. Untuk itulah kawah tersebut sangat diminati dan cocok dijadikan sebagai salah satu pariwisata Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi.

Sangat menarik kan, beberapa pariwisata Banyuwangi di atas? Dengan disiapkannya daerah Banyuwangi sebagai salah satu tempat wisata yang siap menyambut era New Normal, maka Anda bisa memilih salah satu destinasi wisata di atas.

Paket Wisata Banyuwangi….

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top